Sungai Tandung Desa Kamiri merupakan sungai yang melintasi beberapa desa yang ada di kecamatan Masamba kabuaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan. Sungai tandung juga dikenal dengan nama Salu Kula oleh penduduk kampung setempat. Objek wisata ini terbilang sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal saat hari libur sabtu dan minggu.

Untuk menikmati sungai tandung masamba, anda harus menempuh perjalanan dari jantung ibu kota kabupaten Luwu Utara, masamba sekitar 3 kilometer. Jalannya sudah terbilang bagus serta gampang diakses. Sebab untuk sampai ke lokasi semua jalan yang dilalui merupakan jalan beraspal.

Bantaran sungai telah disedikan Gasebo sebagai tempat untuk beristirahat dan menitip seluruh barang bawaan berupa pakaian dan makanan. Kita cukup menyewa gasebo tersebut Rp. 50.000 saja untuk pemakaian sehari.

gasebo-1

Menurut salah seorang pemuda lokal yang juga merupakan pengelolah objek wisata tersebut, Ryan, mengatakan bahwa sejak dahulu sungai Tandung ini sudah ramai dikunjungi, utama saat hari libur. Namun sebelumnya bantaran sungai tempat permandian tidak tertata dengan baik, sehingga sangat sembrawut dan jorok.

“Dengan melihat potensi tersebut, kami sebagai pemuda desa mencoba memanfaatkan potensi alam ini. Dengan bekerja sama dengan pemerintah desa Kamiri. Sehingga kami dibuat gasebo tersebut,” kata Ryan.

“Semenjak adanya gasebo yang kami sediakan, tempat wisata ini semakin ramai dikunjungi. Dan tempat ini bisa dikelolah dengan baik dengan senantiasa menjaga kebersihannya, untuk kenyamanan para wisatawan,” tambah Ryan.

img_5962

Seperti yang lihat air sungai yang mengalir jernih membuat pengunjung tertarik untuk mandi. Bagi anak-anak juga telah disediakan ban bekas yang digunakan untuk berenang, dengan harga sewa sekali pakai sebesar Rp. 20.000.

“Sangat asik memang menikmati piknik dibantaran sungai Tandung. Berbekal makanan serta ikan mentah yang siap untuk dibakar di lokasi, semakin menahan kita untuk tetap berada dilokasi hingga sore hari,”

Disaat anak-anak asik menikmati aliran air jernih sungai Tandung, tak peduli lagi bahwa waktu sore telah tiba. Mereka tetap ingin bermain air dan berendam disungai. Bahkan tidak sedikit dari anak-anak harus menangis jika orang tuanya sudah memanggil untuk pulang.

Memang wilayah Luwu Utara memiliki sungai yang jernih hampir diseluruh kecamatan yang ada. Bahkan hampir disetiap desa terdapat sungai jernih seperti sungai tandung. Namun sungai tandung memiliki kelebihan karena telah disiapkan tempat berupa gasebo, khusus bagi para pengunjung. Sehingga saat ini objek wisata sungai yang ada di Luwu Utara, paling sering dan ramai dikunjungi adalah sungai tandung.

Mungkin tulisan ini bisa menjadi referensi buat anda saat berkunjung ke Kabupaten Luwu Utara, dan ingin mengunjungi salah satu objek wisata sungai.